Riset Pasar dan Analisis Kompetitif

Riset Pasar dan Analis Kompetitif


Riset Pasar dan Analis Kompetitif

Riset pasar membantu Anda menemukan pelanggan untuk bisnis Anda. Analisis kompetitif membantu Anda menjadikan bisnis Anda unik. Gabungkan mereka untuk menemukan keunggulan kompetitif untuk bisnis kecil Anda.


Isi

  • Gunakan riset pasar untuk menemukan pelanggan;
  • Gunakan analisis kompetitif untuk menemukan keunggulan pasar;
  • Data dan tren bisnis kecil gratis;


Gunakan riset pasar untuk menemukan pelanggan


Riset pasar memadukan perilaku konsumen dan tren ekonomi untuk mengonfirmasi dan meningkatkan ide bisnis Anda. Sangat penting untuk memahami basis konsumen Anda sejak awal.

Riset pasar memungkinkan Anda mengurangi risiko bahkan saat bisnis Anda masih terlihat cerah. Kumpulkan informasi demografis untuk lebih memahami peluang dan batasan untuk mendapatkan pelanggan.

Ini dapat mencakup data populasi usia, kekayaan, keluarga, minat, atau apa pun yang relevan untuk bisnis Anda. Kemudian jawab pertanyaan berikut untuk memahami pasar Anda dengan baik:


  1. Permintaan: Apakah ada keinginan untuk produk atau layanan Anda?
  2. Ukuran pasar: Berapa banyak orang yang tertarik dengan penawaran Anda?
  3. Indikator ekonomi: Berapa kisaran pendapatan dan tingkat pekerjaan?
  4. Lokasi: Di ​​mana pelanggan Anda tinggal dan di mana bisnis Anda dapat dijangkau?
  5. Kejenuhan pasar: Berapa banyak pilihan serupa yang sudah tersedia bagi konsumen?
  6. Harga: Apa alternatif yang potensial sehingga menarik pelanggan?


Anda juga perlu mengikuti tren bisnis terbaru. Penting untuk mengetahui pangsa pasar spesifik yang akan memengaruhi keuntungan Anda.

Anda bisa melakukan riset pasar dengan menggunakan sumber yang ada, atau anda bisa melakukan riset sendiri dan langsung ke konsumen.

Lihat Juga : Keterampilan untuk bekerja di Perusahaan

Sumber yang ada dapat menghemat banyak waktu dan energi Anda, tetapi informasinya mungkin tidak spesifik untuk audiens Anda seperti yang Anda inginkan. Gunakan untuk menjawab pertanyaan yang bersifat umum dan dapat diukur, seperti tren industri, demografi, dan pendapatan rumah tangga. Periksa online atau mulai dengan daftar sumber riset pasar.


penelitian langsung bisa memakan waktu dan biaya yang mahal, mungkin Bertanya kepada konsumen sendiri dapat memberi Anda pemahaman yang bernuansa tentang audiens yaitu target spesifik Anda. Gunakan pertanyaan-pertanyaan seputar bisnis anda untuk mendapat jawab yang spesifik terhadap bisnis anda, seperti reaksi terhadap logo Anda, peningkatan yang dapat Anda lakukan untuk pengalaman menjual serta menarik pelanggan ke bisnis Anda.


Berikut adalah beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk melakukan penelitian langsung:

  • Survei
  • Kuesioner
  • Grup fokus
  • Wawancara mendalam


Sebagai acuan dalam memutuskan metode mana yang bermanfaat untuk bisnis kecil Anda.


Gunakan analisis kompetitif untuk menemukan keunggulan pasar


Analisis kompetitif membantu Anda belajar dari bisnis yang bersaing untuk mendapatkan pelanggan potensial Anda. Ini adalah kunci untuk menentukan keunggulan kompetitif yang menciptakan pendapatan yang berkelanjutan.

Analisis kompetitif Anda harus mengidentifikasi pesaing Anda berdasarkan lini produk atau layanan dan segmen pasar. 

Lihat juga : 10 kiat agar Menjadi Lebih Percaya Diri

Nilailah karakteristik lanskap kompetitif berikut ini :


  • Market share
  • Kekuatan dan kelemahan Pasar
  • Peluang Anda untuk memasuki pasar
  • Pentingnya target pasar Anda bagi pesaing Anda
  • Hambatan apa pun yang mungkin menghalangi Anda saat memasuki pasar
  • Pesaing tidak langsung atau sekunder yang dapat memengaruhi kesuksesan Anda


Beberapa industri mungkin bersaing untuk menguasai pasar yang sama dengan pasar yang Anda targetkan. Departemen Kehakiman memberikan diagram Lima Kekuatan Porter sebagai salah satu cara Anda dapat membedakan analisis kompetitif Anda berdasarkan industri.

Faktor penting untuk dipertimbangkan termasuk tingkat persaingan, ancaman pesaing atau layanan baru, dan pengaruh pemasok dan pelanggan terhadap harga.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url