Membuat Perencanaan Untuk Membangun Bisnis

Perencanaan Bisnis


Membuat Perencanaan Bisnis

Rencana bisnis Anda adalah dasar dari bisnis Anda. Pelajari cara menulis rencana bisnis dengan cepat dan efisien dengan template rencana bisnis.

 

Isi

Rencana bisnis membantu Anda menjalankan bisnis Anda

Pilih format rencana bisnis yang sesuai untuk Anda

 

Rencana bisnis membantu Anda menjalankan bisnis Anda 

Rencana bisnis yang baik memandu Anda melalui setiap tahap memulai dan mengelola bisnis Anda. Anda akan menggunakan rencana bisnis Anda sebagai peta jalan tentang cara menyusun, menjalankan, dan mengembangkan bisnis baru Anda. Ini adalah cara untuk memikirkan elemen kunci bisnis Anda.

 

Rencana bisnis dapat membantu Anda mendapatkan dana atau mendatangkan mitra bisnis baru. Investor ingin merasa yakin bahwa mereka akan melihat pengembalian investasi mereka. Rencana bisnis Anda adalah alat yang akan Anda gunakan untuk meyakinkan orang bahwa bekerja dengan Anda  atau berinvestasi di perusahaan Anda adalah pilihan yang cerdas.

 

Pilih format rencana bisnis yang sesuai untuk Anda 

Tidak ada cara yang benar atau salah untuk menulis rencana bisnis. Yang penting adalah rencana Anda memenuhi kebutuhan Anda.

 

Sebagian besar rencana bisnis termasuk dalam salah satu dari dua kategori umum: startup tradisional atau ramping.

 

Rencana bisnis tradisional lebih umum, menggunakan struktur standar, dan mendorong Anda untuk masuk ke detail di setiap bagian. Mereka cenderung membutuhkan lebih banyak pekerjaan di muka dan bisa mencapai puluhan halaman.

 

Rencana bisnis startup ramping kurang umum tetapi masih menggunakan struktur standar. Mereka fokus pada meringkas hanya poin terpenting dari elemen kunci dari rencana Anda. Mereka dapat mengambil hanya satu jam untuk membuat dan biasanya hanya satu halaman.

 

Rencana bisnis tradisional

 

Jenis rencana ini sangat rinci, membutuhkan lebih banyak waktu untuk menulis, dan komprehensif. Pemberi pinjaman dan investor biasanya meminta rencana ini.

 

Rencana startup ramping

 

Jenis rencana ini adalah fokus tingkat tinggi, cepat untuk ditulis, dan hanya berisi elemen kunci. Beberapa pemberi pinjaman dan investor mungkin meminta informasi lebih lanjut.

 

Format rencana bisnis tradisional

 

Anda mungkin lebih suka format rencana bisnis tradisional jika Anda sangat berorientasi pada detail, menginginkan rencana yang komprehensif, atau berencana untuk meminta pembiayaan dari sumber tradisional.

 

Saat Anda menulis rencana bisnis Anda, Anda tidak harus tetap berpegang pada garis besar rencana bisnis yang tepat. Alih-alih, gunakan bagian yang paling masuk akal untuk bisnis dan kebutuhan Anda. Rencana bisnis tradisional menggunakan beberapa kombinasi dari sembilan bagian ini.

 

Ringkasan bisnis plan

 

Secara singkat beri tahu pembaca Anda apa perusahaan Anda dan mengapa itu akan berhasil. Sertakan pernyataan misi Anda, produk atau layanan Anda, dan informasi dasar tentang tim kepemimpinan, karyawan, dan lokasi perusahaan Anda. Anda juga harus menyertakan informasi keuangan dan rencana pertumbuhan tingkat tinggi jika Anda berencana untuk meminta pembiayaan.

 

Deskripsi Perusahaan

 

Gunakan deskripsi perusahaan Anda untuk memberikan informasi rinci tentang perusahaan Anda. Masuk ke detail tentang masalah bisnis Anda memecahkan. Jadilah spesifik, dan buat daftar konsumen, organisasi, atau bisnis yang akan dilayani oleh perusahaan Anda.

 

Jelaskan keunggulan kompetitif yang akan membuat bisnis Anda sukses. Apakah ada ahli di tim Anda? Sudahkah Anda menemukan lokasi yang sempurna untuk toko Anda? Deskripsi perusahaan Anda adalah tempat untuk membanggakan kekuatan Anda.

 

Analisis Pasar

 

Anda akan membutuhkan pemahaman yang baik tentang prospek industri dan target pasar Anda. Riset kompetitif akan menunjukkan kepada Anda apa yang dilakukan bisnis lain dan apa kekuatan mereka. Dalam riset pasar Anda, cari tren dan tema. Apa yang dilakukan pesaing yang sukses? Mengapa itu berhasil? Bisakah Anda melakukannya dengan lebih baik? Sekarang saatnya untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini.

 

Organisasi dan manajemen

 

Beritahu pembaca Anda bagaimana perusahaan Anda akan terstruktur dan siapa yang akan menjalankannya.

 

Jelaskan struktur hukum bisnis Anda. Nyatakan apakah Anda memiliki atau berniat untuk menggabungkan bisnis Anda sebagai perusahaan C atau S, membentuk kemitraan umum atau terbatas, atau jika Anda adalah pemilik tunggal atau perseroan terbatas (PT).

 

Gunakan bagan organisasi untuk menjelaskan siapa yang bertanggung jawab atas apa yang ada di perusahaan Anda. Tunjukkan bagaimana pengalaman unik setiap orang akan berkontribusi pada keberhasilan usaha Anda. Pertimbangkan untuk menyertakan resume dan CV dari anggota kunci tim Anda.

 

Layanan atau lini produk

 

Jelaskan apa yang Anda jual atau layanan apa yang Anda tawarkan. Jelaskan bagaimana hal itu menguntungkan pelanggan Anda dan seperti apa siklus hidup produk itu. Bagikan rencana Anda untuk kekayaan intelektual, seperti hak cipta atau pengajuan paten. Jika Anda melakukan penelitian dan pengembangan untuk layanan atau produk Anda, jelaskan secara rinci.

Pemasaran dan penjualan

 

Tidak ada cara tunggal untuk mendekati strategi pemasaran. Strategi Anda harus berkembang dan berubah agar sesuai dengan kebutuhan unik Anda.

 

Tujuan Anda di bagian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana Anda akan menarik dan mempertahankan pelanggan. Anda juga akan menjelaskan bagaimana penjualan akan benar-benar terjadi. Anda akan merujuk ke bagian ini nanti saat membuat proyeksi keuangan, jadi pastikan untuk menjelaskan secara menyeluruh strategi pemasaran dan penjualan Anda.

 

Permintaan pendanaan

 

Jika Anda meminta pendanaan, di sinilah Anda akan menguraikan persyaratan pendanaan Anda. Tujuan Anda adalah menjelaskan dengan jelas berapa banyak dana yang Anda perlukan selama lima tahun ke depan dan untuk apa Anda akan menggunakannya.

 

Tentukan apakah Anda menginginkan utang atau ekuitas, persyaratan yang ingin Anda terapkan, dan jangka waktu permintaan Anda akan tercakup. Berikan deskripsi rinci tentang bagaimana Anda akan menggunakan dana Anda. Tentukan apakah Anda memerlukan dana untuk membeli peralatan atau bahan, membayar gaji, atau menutupi tagihan tertentu hingga pendapatan meningkat. Selalu sertakan deskripsi rencana keuangan strategis masa depan Anda, seperti melunasi utang atau menjual bisnis Anda.

 

Proyeksi keuangan

 

Lengkapi permintaan pendanaan Anda dengan proyeksi keuangan. Tujuan Anda adalah untuk meyakinkan pembaca bahwa bisnis Anda stabil dan akan sukses secara finansial.

 

Jika bisnis Anda sudah mapan, sertakan laporan laba rugi, neraca, dan laporan arus kas selama tiga hingga lima tahun terakhir. Jika Anda memiliki agunan lain yang dapat Anda gunakan untuk pinjaman, pastikan untuk mendaftarkannya sekarang.

Memberikan prospek keuangan prospektif untuk lima tahun ke depan. Sertakan perkiraan laporan laba rugi, neraca, laporan arus kas, dan anggaran belanja modal. Untuk tahun pertama, jadilah lebih spesifik dan gunakan proyeksi triwulanan — atau bahkan bulanan —. Pastikan untuk menjelaskan proyeksi Anda dengan jelas, dan sesuaikan dengan permintaan pendanaan Anda.

 

Ini adalah tempat yang bagus untuk menggunakan grafik dan bagan untuk menceritakan kisah keuangan bisnis Anda.

 

Lampiran

 

Gunakan lampiran Anda untuk memberikan dokumen pendukung atau bahan lain yang diminta secara khusus. Item umum untuk disertakan adalah sejarah kredit, resume, gambar produk, surat referensi, lisensi, izin, paten, dokumen hukum, dan kontrak lainnya.

Contoh rencana bisnis tradisional

Sebelum Anda menulis rencana bisnis Anda, bacalah contoh rencana bisnis berikut yang ditulis oleh pemilik bisnis fiktif. Rebecca memiliki perusahaan konsultan, dan Andrew memiliki perusahaan mainan.

 

Format startup ramping

Anda mungkin lebih suka format startup ramping jika Anda ingin menjelaskan atau memulai bisnis Anda dengan cepat, bisnis Anda relatif sederhana, atau Anda berencana untuk secara teratur mengubah dan menyempurnakan rencana bisnis Anda.

 

Format lean startup adalah bagan yang hanya menggunakan beberapa elemen untuk menggambarkan proposisi nilai, infrastruktur, pelanggan, dan keuangan perusahaan Anda. Mereka berguna untuk memvisualisasikan pengorbanan dan fakta mendasar tentang perusahaan Anda.

 

Ada berbagai cara untuk mengembangkan template lean startup. Anda dapat mencari di web untuk menemukan template gratis untuk membangun rencana bisnis Anda. Kami membahas sembilan komponen rencana bisnis model di sini:

 

Kemitraan utama

 

Catat bisnis atau layanan lain yang akan Anda tangani untuk menjalankan bisnis Anda. Pikirkan tentang pemasok, produsen, subkontraktor, dan mitra strategis serupa.

 

Kegiatan utama

 

Daftar cara bisnis Anda akan mendapatkan keunggulan kompetitif. Soroti hal-hal seperti menjual langsung ke konsumen, atau menggunakan teknologi untuk memanfaatkan ekonomi berbagi.

 

Sumber kunci

 

Buat daftar sumber daya apa pun yang akan Anda manfaatkan untuk menciptakan nilai bagi pelanggan Anda. Aset Anda yang paling penting dapat mencakup staf, modal, atau kekayaan intelektual. Jangan lupa untuk memanfaatkan sumber daya bisnis yang mungkin tersedia untuk bisnis wanita, veteran, penduduk asli Amerika, dan HUBZone.

 

Proposisi nilai

 

Buat pernyataan yang jelas dan meyakinkan tentang nilai unik yang dibawa perusahaan Anda ke pasar.

 

Hubungan konsumen

 

Jelaskan bagaimana pelanggan akan berinteraksi dengan bisnis Anda. Apakah itu otomatis atau pribadi? Secara langsung atau online? Pikirkan pengalaman pelanggan dari awal hingga akhir.

 

Segmen pelanggan

 

Jadilah spesifik ketika Anda menyebutkan target pasar Anda. Bisnis Anda tidak untuk semua orang, jadi penting untuk memiliki pemahaman yang jelas tentang siapa yang akan dilayani oleh bisnis Anda.

 

Saluran

 

Buat daftar cara terpenting Anda akan berbicara dengan pelanggan Anda. Sebagian besar bisnis menggunakan campuran saluran dan mengoptimalkannya dari waktu ke waktu.

 

Struktur biaya

 

Akankah perusahaan Anda fokus pada pengurangan biaya atau memaksimalkan nilai? Tentukan strategi Anda, lalu buat daftar biaya paling signifikan yang akan Anda hadapi untuk mengejarnya.

 

Aliran pendapatan

 

Jelaskan bagaimana perusahaan Anda benar-benar akan menghasilkan uang. Beberapa contohnya adalah penjualan langsung, biaya keanggotaan, dan penjualan ruang iklan. Jika perusahaan Anda memiliki beberapa aliran pendapatan, buat daftar semuanya.

 

Contoh rencana bisnis ramping

 

Sebelum Anda menulis rencana bisnis Anda, bacalah contoh rencana bisnis yang ditulis oleh pemilik bisnis fiktif, Andrew, yang memiliki perusahaan mainan. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url