Rumus Penjumlahan Microsoft Excel
Rumus Penjumlahan Microsoft Excel
Hal paling mendasar yang perlu kita pahami saat belajar menggunakan ms excel yaitu melakukan pengoperasian matematika penjumlahan, pengurangan, perkalian serta pembagian.
Untuk melakukan pengurangan dan pembagian di ms word tidak menyediakan fungsi khusus. Berbeda dengan cara menjumlahkan data di excel dan melakukan perkalian angka dimana excel menyediakan fungsi SUM, SUMIF, SUMIFS dan lain sebagainyanya.
Lebih jelasnya akan kita kupas tentang cara menggunakan rumus di ms excel untuk melakukan penjumlahan, sebagai berikut :
1. Rumus Penjumlahan di Ms Excel dengan menggunakan operator plus (+)
yang paling dasar untuk melakukan penjumlahan pada microsoft Excel adalah dengan menggunakan operator plus (+) atau simbol tambah.
Penulisan rumus excelnya sama seperti saat kita menuliskan soal penjumlahan pada umumnya. Misalkan kita ingin menjumlah angka 125,195,230,90,380 dan 190 maka rumus excelnya dapat kita tulis :
2. Rumus Penjumlahan Excell menggunakan Fungsi SUM
Selain menggunakan operator plus(+), penjumlahan di excel juga bisa dilakukan dengan menggunakan fungsi sum yang telah disediakan oleh ms excel.
Rumus penjumlahan excel dengan menggunakan fungsi SUM lebih sering dipakai oleh pengguna excel dari pada menggunakan operator plus (+), cara ini lebih simple dan efisien jika cell-cell yang akan dijumlahkan berurutan dan cukup banyak.
Sebagai contoh untuk menjumlahkan data angka pada range D2 sampai D7 rumus excel yang digunakan adalah sebagai berikut :
Jika dari penjelasan di atas masih ada yang kurang jelas terkait penggunaan rumus penjumlahan di excel silahkan sampaikan pertanyaan melalui kolom komentar di bagian bawah tutorial ini.
Demikian yang bisa admin bagikan kali ini, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita dalam menggunakan ms excel sebagai pemula seperti saya.
Sebelum pergi jangan lupa di share artikel tutorial penjumlahan excel ini dengan tombol yang sudah tersedia di bawah ini.